Tips Menggoreng Ikan Agar Minyak Tidak Meletup

menggoreng ikanMemasak adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi menyajikan makanan favorit orang yang disayangi akan membuat mereka tersenyum bahagia saat menyantapnya. Tetapi wanita suka ogah saat tiba giliran menyajikan menu ikan yang digoreng. Alasannya sama, malas dan takut akan letupan minyak yang bertubi-tubi.

Tak dipungkiri memang minyak akan meloncat ke sana sini saat dipanaskan. Dan terutama saat menggoreng ikan, tiba-tiba saja ia bisa loncat ke tangan atau ke bagian kulit lain, meninggalkan rasa pedih dan akhirnya kemerahan karena terbakar minyak panas.

Akibat ‘kecelakaan’ dapur ini, ada saja trik yang dilakukan para wanita saat menggoreng ikan di dapur. Mulai dari memakai sarung tangan, memakai helm, atau juga malah memilih tidak membuat menu gorengan ikan.

Sebenarnya, Anda tak perlu repot memakai helm hanya untuk menyajikan menu ikan yang sedap dan gurih. Ada beberapa cara aman menggoreng ikan agar minyaknya tidak sampai meletup melukai Anda.

Perhatikan jumlah minyak

Yang terpenting adalah mengukur jumlah minyak untuk menggoreng. Setidaknya jangan menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan.

Perlu diperhatikan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu suhu panas. Dan semakin banyak jumlahnya ia akan semakin mudah meluap.

Jaga suhunya jangan terlalu panas

Menggoreng akan lebih aman jika Anda memiliki minyak goreng yang memiliki titik didih tinggi seperti misalnya sunflower oil atau vegetable oil. Tetapi apabila Anda memilih menggunakan minyak biasa, maka Anda wajib menjaga suhu minyak goreng.

Apabila terlalu panas, jangan kaget bila api bisa menyambar dan memenuhi wajan. Trik pertama adalah memanaskan dengan api besar, kemudian stabilkan panasnya dengan memindah ke mode api kecil atau sedang.

Sesuaikan ukuran bahan

Bukan dengan memasukkan semua bahan ke penggorengan maka Anda bisa mempercepat waktu memasak. Akan lebih baik bila Anda mempertimbangkan ukuran bahan yang akan digoreng saat memasaknya.

Semakin penuh wajan yang digunakan, maka suhu minyak akan semakin turun. Jika suhu minyak rendah, maka proses menggoreng akan semakin lama, selain itu minyak juga akan diserap oleh bahan.

Air Vs minyak

Dalam suhu yang sama, apabila air dicampurkan dengan minyak maka minyak akan mengambang. Namun, bila minyak berada pada suhu tinggi, maka ia akan membuat air menguap sehingga menimbulkan letupan-letupan kecil.

Untuk itu, siapkan tutup khusus untuk wajan sehingga saat bahan yang Anda goreng kadar airnya cukup tinggi, letupannya akan ditahan oleh penutup wajah dan tidak sampai ke mana-mana.

Mengurangi letupan

Ada beberapa trik untuk mengurangi letupan pada penggorengan:

1. Melapisi wajan dengan menggunakan daun pisang saat menggoreng ikan

2. Meneteskan perasan jeruk nipis pada minyak sebelum digunakan untuk menggoreng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s