Tips Menggoreng Ikan Agar Renyah dan Gurih

ikan gorengUntuk mendapatkan hasil ikan dengan tampilan yang menarik dan rasa yang garing, renyah dan gurih tentu ada trik-trik tertentu yang harus dilakukan saat menggoreng. Bagaimana caranya agar ikan goreng terasa lebih garing dan renyah, ini dia tips and triknya:

1. Untuk menggoreng ikan mas atau gurame ukuran besar, agar hasil gorengan ikan menjadi matang merata dengan kulit ikan tetap utuh, maka tipsnya adalah dengan cara membungkus badan ikan tersebut dengan daun pisang hingga badan ikan sepenuhnya tertutupi. Kemudian, goreng ikan yang sudah terbungkus daun pisang itu ke dalam minyak panas yang banyak. Jangan khawatir, ketika ikan kering, maka daun pisang itu pun akan lepas dengan sendirinya, yang artinya ikan pun siap diangkat.

2. Sedangkan untuk menggoreng ikan dengan ukuran relatif sedang dan kecil, Anda tak perlu repot-repot membungkus ikan dengan daun pisang. Untuk menggoreng ikan dengan ukuran sedang dan kecil, Anda cukup menggunakan cara sederhana yakni panaskan dahulu wajan untuk menggoreng ikan. Setelah wajan panas, baru kemudian Anda tuangkan minyak gorengnya. Setelah minyak goreng panas, barulah kemudian masukkan ikannya. Ingat, pastikan ikan kering pada sisi yang menempel pada minyak, sebelum kemudian di balik untuk mengeringkan sisi lainnya. Jangan dibolak-balik terus-menerus, karena itu hanya akan membuat tubuh ikan menjadi rusak atau remuk.

3. Berikutnya adalah tips untuk menggoreng ikan gurame dengan sayap melebar (seperti perahu). Untuk jenis ikan seperti ini, cara menggorengnya adalah dengan cara terlebih dahulu mengerat badan ikan di bagian perut hingga punggung. Awas, jangan sampai tubuh ikan menjadi putus karena terlalu dalam Anda mengeratnya. Kemudian ikat bagian itu dengan benang bola (benang putih yang biasa untuk menjahit kasur) agar hasilnya setelah matang, ikan menjadi merekah. Goreng dengan minyak sedang (tak terlalu panas) dengan volume yang banyak supaya badan ikan bisa tenggelam seluruhnya pada kubangan minyak goreng. Setelah ikan merekah dan matang, angkat kemudian tiriskan agar minyaknya sedikit berkurang.

4. Untuk menggoreng ikan jenis ikan duri lunak yang rentan hancur ketika digoreng, tipsnya supaya tidak terjadi demikian adalah dengan cara mencelupkan seluruh badan ikan ke dalam adonan telur terlebih dahulu sebelum menggorengnya. Dengan begitu, selain rasanya akan lebih enak, tubuh ikan pun tidak akan menjadi remuk karenannya.

5. Sedangkan untuk menggoreng ikan teri yang kecil-kecil, agar rasa ikan teri menjadi lebih krispy dan matang merata, sebaiknya ikan teri digoreng dengan minyak panas yang banyak dengan menggunakan api kecil.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s